MENCOBA ISTIQOMAH

Mencoba Istiqomah
Oleh: Ali Nurdin‎

Setelah menyelesaikan program Internalisasi 17 sikap Akhlaq Al Qur’an, selama 6 bulan, kemudian diteruskan dengan meminjam karya Steven R Covey dalam  Seven & Eight habits, selama satu bulan, kami bersama santri Nurul Qur’an pagi ini (10/02) setelah menyelesaikan membaca surah al Kahfi bersama-sama, kami  melanjutkan dengan meminjam pendekatan Ellen Galansky dalam karya nya Mind in The Making: Seven Essential Life Skills.

Kami gunakan kata “meminjam” karena sedikit berbeda dengan pendekatan penulisnya. Buku terakhir adalah hasil penelitian penulisnya selama betahun-tahun terhadap tumbuh kembang anak yang disimpulkan, anak akan berhasil ketika dewasa apabila sejak dini dibekali dengan tujuh keterampilan.

Di Nurul Qur’an seven life skills tersebut kami modifikasi dan dikaitkan dengan bagaimana al Qur’an berbicara tentang itu. Pagi ini kami mulai dengan bagian pertama. ‎

Pertama, Fokus dan kontrol diri
Dalam perspektif agama ini adalah mujahadah an-nafs. Inilah sebenarnya muara semua ibadah ritual agar kita memiliki kemampuan tetap fokus dalam kebaikan dan mampu selalu mengontrol diri.

Solat misalnya tujuan utamanya menjauhi perbuatan keji dan munkar (29:45).  Puasa agar menjadi orang yang bertaqwa (2:183) dan ciri utama orang bertaqwa mampu mengendalikan diri (3:134).
Inilah yang terus coba kami bangun, agar dapat memberi sedikit kontribusi bagi umat seperti yang diidealkan al Qur’an yaitu menjadi umat yang terbaik (3:110).
Teringat ilustrasi ar-Rumi, ketika Nabi Ibrahim dibakar raja Namrud, ada seekor burung yang sibuk dengan paruhnya meneteskan air ke api. Sekelompok burung yang melihat hal itu kompak mencela “lihat burung bodoh itu, mana mungkin dia dapat memadamkan api”. Burung tersebut menjawab: “Aku tahu ini tidak akan memadamkan api, aku hanya ingin dicatat Allah swt sebagai yang ikut memadamkan api itu”.
Sekecil apapun kontribusi kita semoga dicatat Allah sebagai amal salih. ‎
Semoga kami bisa istiqomah.

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.