JANGAN TUNDA

JANGAN TUNDA

JANGAN TUNDA

Oleh: Ali Nurdin

Kali ini kita akan membicarakan hal penting yang tidak boleh kita tunda karena Allah perintahkan agar segera kita lakukan. Apa itu?

Kita lihat di surat 51 (Adz-Dzariyat) ayat 50:

فَفِرُّوا إِلَى اللَّهِ ۖ

Larilah kamu, segeralah kamu menuju kepada Allah. Untuk ngapain? Di ayat lain ditafsirkan:

“Wasaari’uu ilaa maghfiratin min rabbikum”, bersegeralah kamu menuju ampunan Tuhanmu.

Nah, ini menarik sekali kenapa Allah memerintahkan kita untuk segera menuju ampunan-Nya. Berarti orang yang baik itu bukan orang yang tidak pernah berbuat salah. Orang yang baik itu bukan orang yang tidak punya dosa. Tetapi, boleh jadi seseorang yang dalam kehidupannya banyak melakukan perbuatan dosa bahkan besar sekali dosanya, namun dia tidak putus asa.

Dalam ayat lain Allah menegaskan:

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

“Katakanlah hai hamba-hamba-Ku yang telah berbuat dosa, jangan putus asa. Yang telah berbuat melampaui batas, jangan putus asa dari rahmat-Ku. Karena Allah sungguh mengampuni semua dosa sebanyak dan sebesar apapun.” (QS. Az-Zumar [39]: 53)

Sebegitu bagusnya seseorang yang kembali kepada Tuhan atau yang dalam bahasa agama sering juga disebut dengan kata taubat, sampai-sampai Allah menyatakan:

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

“Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS. Al Baqarah [2]: 222)

Maka, jangan pernah menunda untuk kita kembali menuju ampunan Tuhan, karena pintu taubat itu tidak pernah tertutup apalagi terkunci bagi yang masih memiliki kesempatan. Namun, ketika saat itu sudah tiba di mana kesempatan itu sudah tidak ada maka yang ada tinggal penyesalan dan menyesal di waktu itu sudah tidak ada gunanya.

Karena itu, jangan tunda. Segeralah menuju kepada ampunan Tuhan.

 

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.