Jangan Cemaskan Masa Depan

Jangan Cemaskan Masa Depan

Jangan Cemaskan Masa Depan

Oleh: Ali Nurdin

Beberapa petunjuk Al-Qur’an bagaimana kita seharusnya menyikapi masa depan. Kali ini kita akan lihat dua saja.

Yang pertama adalah masa depan atau sesuatu yang belum terjadi tidak sewajarnya untuk kita cemaskan atau risaukan. Lantas apa yang harus kita lakukan?

Mari kita lihat surah Al-Hasyr (59) pada ayat 18, Allah berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Pada ayat ini Allah memerintahkan kita untuk menyiapkan masa depan. Kalau dalam konteks masa depan yang paling dekat ialah ketika kita diberi hidup di dunia, tetapi yang paling penting adalah masa depan nanti ketika kita di akhirat.

Allah bilang persiapkan, renungkan apa yang sudah dan akan kita lakukan bukan cemaskan atau risaukan. Sama sekali tidak.

Karena itu, untuk sesuatu yang pasti akan terjadi dan itu sudah ditetapkan oleh Allah, di samping tidak perlu kita risaukan, Allah juga katakan apa? Jangan meminta untuk disegerakan karena saatnya akan tiba. Hal ini Allah tegaskan, misalnya, dalam surah An-Nahl (16) ayat pertama:

أَتَىٰ أَمْرُ اللَّهِ فَلَا تَسْتَعْجِلُوهُ

Telah pasti datangnya ketetapan Allah maka janganlah kamu meminta agar disegerakan (datang)nya. Semuanya akan tiba pada saatnya.

Maka, sikap yang bijak sebagai seseorang yang berusaha mengikuti petunjuk Allah adalah atas masa depan yang belum tiba, sewajarnya kita proporsional dalam menyikapinya, bukan mencemaskan, bukan merisaukan.

Yang penting adalah berusaha sambil ikhtiar sungguh-sungguh agar nantinya ketika masa depan itu tiba kita telah siap menyongsongnya dengan hati yang ikhlas dan dengan sikap yang istiqamah. Dengan bersikap seperti itu, hari ini kita akan menjadi orang-orang yang senantiasa bahagia.

Semoga bermanfaat.

Tonton videonya:

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.