Menghormati Kemanusiaan

Menghormati Kemanusiaan

Menghormati Kemanusiaan

Oleh: Ali Nurdin

Kita sering lupa bahwa Al-Qur’an, khususnya, dan Islam pada umumnya begitu menempatkan manusia sebagai makhluk yang sangat mulia. Sewajarnya kita memberikan penghormatan sesama manusia seperti yang diajarkan dalam Al-Qur’an.

Kita ambil contoh, misalnya, di surah Al-Isra’ (17) ayat ke 70, Allah berfirman:

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آدَمَ

Dan sungguh telah Kami muliakan anak-anak cucu Adam.” Allah tidak menyebut makhluk lain yang dimuliakan tapi khusus anak cucu Adam, yaitu manusia.

Saking mulianya manusia sampe-sampe Allah kemudian memberikan penegasan di surah Al-Maidah (5) ayat ke 32:

مَنْ قَتَلَ نَفْسًا بِغَيْرِ نَفْسٍ أَوْ فَسَادٍ فِي الْأَرْضِ فَكَأَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيعًا وَمَنْ أَحْيَاهَا فَكَأَنَّمَا أَحْيَا النَّاسَ جَمِيعًا

Barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.”

Bayangkan, membunuh satu jiwa manusia tanpa alasan yang dibenarkan oleh agama, dosa dan keburukannya seakan dia membunuh seluruh manusia. Saya kira tidak ada statement yang begitu lugas dan kuat dalam hal menghormati jiwa manusia melebihi ungkapan ayat ini, termasuk piagam-piagam tentang hak asasi manusia.

Ini menunjukkan bahwa kita memang harus menghormati manusia sebagai makhluk terpilih dari makhluk Allah Swt. Makhluk Allah kalau kita lihat dalam Al-Qur’an ada enam macam: benda mati, tumbuhan, binatang, malaikat, jin, dan manusia. Manusia ini adalah makhluk yang paling mulia di sisi Allah Swt. dibandingkan makhluk yang lain. Bahkan malaikat pun oleh Allah diperintahkan sujud hormat kepada moyang manusia, yaitu Adam As.

Banyak ayat yang mengulang ungkapan ini: Wa idz qulnaa lil malaaikatis juduu li adam, dan ingatlah ketika Kami berfirman kepada para malaikat, agar mereka bersujud kepada Adam. Sujud bukan untuk menyembah tapi untuk menghormat. Dan itu adalah perintah Allah Swt.

Maka, sewajarnya kalau kita terus menghayati, terus berusaha, berikhtiar untuk menempatkan kemanusiaan sebagai sebuah model kita menjalani kehidupan dengan menempatkannya selayaknya sebagai makhluk Allah yang paling mulia.

Orang yang mau memuliakan manusia bahkan seandainya satu saja Allah nyatakan dalam ayat lanjutannya itu; barangsiapa yang memberi kehidupan  satu jiwa manusia seakan dia memberi  kehidupan kepada seluruh manusia.

Semoga kita selalu dapat menghormati sisi-sisi kemanusiaan sesama saudara kita.

 

Lihat videonya di sini:

 

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.