Hari Ini Adalah Anugerah

Hari Ini Adalah Anugerah

Hari Ini Adalah Anugerah

Oleh: Ali Nurdin

Salah satu penyebab mengapa seseorang sulit sekali bahagia dalam hidupnya adalah karena tersandera oleh dua keadaan. Adakalanya oleh masa lalunya yang menimbulkan trauma. Adakalanya juga oleh masa depan yang amat mengkhawatirkan, menurutnya.

Padahal apa yang harus kita lakukan adalah atas apa yang telah terjadi di masa lalu di mana itu tidak mungkin kembali, ambil pelajarannya. Dan atas apa yang belum terjadi di masa depan, jangan berlebihan untuk dikhawatirkan, toh juga belum tentu datang.

Lantas apa yang harus kita lakukan agar senantiasa bahagia? Fokuslah dengan hari ini untuk bersyukur karena kita masih diberi kehidupan di hari ini. Kita masih diberi anugerah untuk hari ini. Ada kesehatan, ada kemampuan untuk kita menjalani hidup dengan wajar. Semua adalah bentuk anugerah yang kalau kita ingin hitung, kata Al-Qur’an, tidak mungkin.

Wa in ta’uddu ni’matallahi laa tuhshuuha, jika kamu ingin menghitung-hitung nikmat Allah, maka itu tidak mungkin bisa kita lakukan. Sampai dua kali disebut di Al-Qur’an, di surah Ibrahim (14) ayat 34 dan surah an-Nahl (16) ayat 18.

Intinya sama, bahwa ketika kita fokus dengan anugerah Allah yang kita peroleh hari ini maka akan menimbulkan rasa syukur. Dengan tumbuh rasa syukur maka akan lahir kebahagiaan.

Kenapa demikian? Itulah mengapa jawaban setan ketika menggoda manusia, tujuannya hanya satu yaitu agar manusia tidak bersyukur. Di surah ke 7 (al-A’raf) ayat 17 Allah katakan seperti itu. Setan bersumpah akan menggoda manusia, yang tujuannya apa? Wa la tajidu aktsarahum syakirin, Engkau, wahai Tuhan, akan mendapati kebanyakan manusia setelah saya goda, kata setan, mereka tidak bersyukur.

Kenapa setan fokusnya itu? Setan tahu kalau manusia pandai bersyukur, hidupnya akan bahagia. Dan orang yang selalu bahagia, susah sekali digoda oleh setan. Maka, jangan sia-siakan waktu kita sekarang dengan meratapi masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan. Dan fokuslah untuk mensyukuri atas apa yang dianugerahkan oleh Allah saat ini. Itulah pintu kebahagiaan yang paling dekat.

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.