Yang Lalu Biarlah Berlalu

Yang Lalu Biarlah Berlalu

Yang Lalu Biarlah Berlalu

Oleh: Ali Nurdin

Salah satu ungkapan di kalangan milenial anak muda ketika menyikapi masa lalu adalah yang lalu biarlah berlalu. Kita tidak ingin melihat dari sisi aspek anak mudanya tapi kita ingin melihat bagaimana petunjuk agama menyikapi masa lalu. Dalam surah Al-Baqarah (2) ayat ke 134 dan 141, redaksi ini sama persisnya. Allah berfirman:

تِلْكَ أُمَّةٌ قَدْ خَلَتْ ۖ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَلَكُمْ مَا كَسَبْتُمْ ۖ وَلَا تُسْأَلُونَ عَمَّا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Itu adalah umat yang lalu; baginya apa yang telah diusahakannya dan bagimu apa yang sudah kamu usahakan, dan kamu tidak akan diminta pertanggungan jawab tentang apa yang telah mereka kerjakan.”

Ayat ini mengajarkan bahwa setiap orang memang memiliki tiga keadaan. Masa lalu, masa sekarang, dan masa depan. Atas apa yang terjadi di masa lalu sewajarnya kalau kita tidak terus menerus mengingatnya yang akhirnya menjadikan hidup kita tidak produktif untuk sekarang dan masa depan.

Masa lalu yang sering juga disebut baik sebagai sejarah maupun kisah yang banyak dipakai oleh Al-Qur’an untuk apa? Untuk kita ambil pelajarannnya jangan pernah mengingat dan menengok masa lalu kecuali untuk memetik hikmah dan mengambil pelajarannya.

Karena ketika Al-Qur’an, misalnya, kita ambil contoh di surah Yusuf (12) ayat 111, Allah berfirman: Laqod kaana fii qoshoshihim ‘ibrotun, bahwa sungguh dalam setiap kisah sejarah hidup itu ada ibroh, ada pelajaran penting. Karena kehidupan manusia pada dasarnya adalah sejarah yang berulang.

Maka, fokuskan kita untuk memetik pelajaran atas apa yang menimpa kita di masa lalu. Kita jangan pernah meratapi apalagi sampai mengatakan “seandainya”. Itu tidak akan membawa apapun kebaikan untuk kita.

Karena itu, “yang Lalu Biarlah Berlalu” adalah sebuah ungkapan yang baik untuk menguatkan diri kita agar lebih fokus di masa depan dengan terus mensyukuri anugerah Allah di hari ini.

Yang telah lewat tidak akan pernah kembali. Memimpikan sebuah masa lalu untuk kembali sama dengan kita ingin matahari yang telah terbit supaya kembali terbenam. Dan itu tidak mungkin.

 

 

 

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.