MENGHAKIMI ORANG LAIN

MENGHAKIMI ORANG LAIN

MENGHAKIMI ORANG LAIN

Oleh: Ali Nurdin

Tidak ada orang baik yang tidak punya masa lalu. Dan tidak ada orang jahat yang tidak punya masa depan. Maka, jangan menghakimi seseorang karena masa lalunya. Jangan menjudge seseorang karena masa lalunya yang boleh jadi tidak baik.

Karena apa? Seseorang yang tadinya hampir membunuh Rasulullah SAW pun sekarang jasadnya dimakamkan di samping Nabi SAW. Siapa? Umar bin Khattab. Seseorang yang dulunya begitu bengis bahkan memusuhi Rasulullah sebagai panglima perang. Tapi kemudian akhirnya ketika mendapat hidayah, dia berbalik menjadi singa Allah, pedang Allah. Siapa? Khalid bin Walid.

Tetaplah terus berprasangka baik kepada sesama, bersikap bijaksana, karena setiap orang pasti punya masa lalu dan masih punya kesempatan masa depan. Sehingga beri kesempatan mereka untuk berubah menjadi lebih baik dan teruslah mengingatkan dengan cara yang baik. Jangan menghakimi apalagi kemudian menghinakannya. Karena salah satu sikap yang sangat tidak disukai Allah adalah merendahkan orang lain. Rasulullah SAW bersabda bahwa yang disebut sombong adalah Bathrul Haqqi Wa Ghamthun Nas, menolak kebenaran dan melecehkan sesama manusia.

Iblis dilaknat oleh Allah bukan karena tidak beriman tapi Iblis dilaknat oleh Allah karena kesombongannya. Jauhi sikap kesombongan seperti itu karena itu hanya akan membinasakan seseorang.

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.