PUASA DAN PENGENDALIAN DIRI

PUASA DAN PENGENDALIAN DIRI

PUASA DAN PENGENDALIAN DIRI

Oleh: Ali Nurdin

Perbuatan manusia secara garis besar dapat kita bagi dua, yang disadari dan yang tidak disadari. Perbuatan yang disadari juga terbagi menjadi dua, yang bernilai ibadah dan yang tidak bernilai ibadah. Perbuatan yang bernilai ibadah mencakup ibadah yang telah diatur syarat dan ketentuannya yang biasa dikenal dengan ibadah mahdhah. Sedangkan aktifitas yang tidak secara khusus diatur dalam agama namun karena niatnya untuk ibadah maka bernilai juga ibadah. Ini biasanya disebut dengan ibadah ghairu mahdhah.

Puasa adalah salah satu jenis ibadah mahdhah di mana cara mengerjakannya, syarat dan rukunnya, ketentuan-ketentuan serta waktu pelaksanaannya telah diatur dalam agama. Selama ini mungkin kebanyakan kita hanya fokus dengan bagaimana cara mengerjakannya. Umumnya kita tidak pernah berfikir kenapa Allah memerintahkan kita berpuasa. Apa hikmah dibalik itu?

Kali ini kita bahas salah satu hikmah terbesar dari ibadah puasa yang kita kerjakan adalah agar kita memiliki kemampuan untuk mengendalikan diri. Setiap apapun yang ingin menjadi lebih baik pasti ada proses untuk mengendalikan diri. Allah ingin menghantarkan kita melalui puasa agar menjadi pribadi-pribadi yang baik atau dalam konteks ayat perintah puasa disebut dengan takwa.

Karena itu, kalau ada orang yang sudah berpuasa tapi ia gagal dalam mengendalikan dirinya, misal lepas kontrol untuk berbicara atau melakukan hal yang tidak baik, ini berarti ia tidak sedang berpuasa namun hanya sedang menahan lapar dan dahaga saja. Tentu agama tidak ingin mengajarkan itu karena setiap syariat ibadah pasti memiliki tujuan. Di antara tujuan terpenting dari ibadah puasa adalah kita mampu mengendalikan diri.

Jadi, orang-orang yang mampu mengendalikan diri adalah sebuah kebahagiaan. Itu dapat kita raih melalui rangkaian ibadah puasa Ramadhan ini. Ketika seseorang dapat mencapai itu maka bukan hanya pahala yang dia raih namun juga pengendalian diri sebagai bekal untuk menjalani hidup yang lebih bahagia.

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.