CARA MENGAKHIRI RAMADHAN

CARA MENGAKHIRI RAMADHAN

CARA MENGAKHIRI RAMADHAN

Oleh: Ali Nurdin

Alhamdulillah, kita sudah berada diujung bulan Ramadhan. Sebentar lagi tamu agung kita ini akan meninggalkan kita semua. Apa yang seharusnya kita lakukan untuk mengakhiri bula Ramadhan ini? Berbuat baik itu mudah namun berbuat baik dengan istiqamah itu yang tidak mudah.

Maka, dalam mengakhiri bulan Ramadhan ini seyogyanya kita berazam atau bertekad bulat untuk meneruskan hal-hal positif yang sudah kita lakukan selama bulan Ramadhan. Di bulan Ramadhan, misalnya, kita berusaha semampunya mengendalikan diri untuk tidak marah. Di dalamnya kita berusaha sekuat tenaga untuk menjadi orang baik, suka berbagi dengan sesama. Hal-hal kebaikan itu hendaknya kita istiqamahkan dan itu akan menjadi tanda atau indikator ibadah ramadhan seseorang dinilai berhasil.

Dual hal saja yang perlu diistiqamahkan di sebelas bulan di luar ramadhan. Apa itu? Pertama, bentuk ibadah dan ketaatan kita kepada Allah SWT. atau biasa kita kenal dengan hablun minallah. Selama ramadhan kita berpuasa, shalat malam, membaca Al-Qur’an, dan lainnya, itulah perlu kita istiqamahkan semampu kita. Meskipun dengan durasi dan kuantitas yang berbeda tetapi tetaplah berusaha untuk istiqamah mengerjakannya.

Kedua, selama ramadhan kita mengasah hati kita untuk menjadi orang yang welas dan asih, serta suka berbagi dengan sesama. Maka, di luar ramadhan, hablun minannas seperti itu juga perlu kita istiqamahkan. Kalau itu dapat kita lakukan dengan baik maka, insya Allah, ramadhan menjadi sangat bermakna. Ramadhan sangat istimewa karena telah membentuk pribadi-pribadi yang mulia, taat dan istiqamah untuk ibadah kepada Allah serta membentuk akhlak mulia karena terwujud dalam kebaikan kita dengan sesama.

 

Baca juga: AWAS JEBAKAN SETAN

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.