CARA AGAR DAPAT DOA MALAIKAT

CARA AGAR DAPAT DOA MALAIKAT

CARA AGAR DAPAT DOA MALAIKAT

Oleh: Ali Nurdin

Malaikat adalah makhluk Allah yang terbuat dari cahaya. Kedudukannya di sisi Allah sangat mulia karena malaikat senantiasa beribadah kepada-Nya dan tidak pernah berbuat maksiat. Sebagai makhluk yang taat tentu malaikat mendapat keistimewaan ketika berdoa kepada Allah. Doanya mudah terkabul dan cepat terlaksana. Karena itu, orang yang bisa mendapat doa malaikat tentu merupakan orang terpilih dan spesial. Bukan hanya para nabi atau rasul yang bisa mendapat doa dari malaikat tetapi juga manusia biasa khususnya umat Islam juga bisa didoakan oleh malaikat.

Di antara ciri-ciri orang yang akan mendapat doa malaikat bisa dilihat misalnya dalam rangkaian ayat berikut:

الَّذِينَ يُوفُونَ بِعَهْدِ اللَّهِ وَلَا يَنْقُضُونَ الْمِيثَاقَ وَالَّذِينَ يَصِلُونَ مَا أَمَرَ اللَّهُ بِهِ أَنْ يُوصَلَ وَيَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ وَيَخَافُونَ سُوءَ الْحِسَابِ وَالَّذِينَ صَبَرُوا ابْتِغَاءَ وَجْهِ رَبِّهِمْ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً وَيَدْرَءُونَ بِالْحَسَنَةِ السَّيِّئَةَ أُولَٰئِكَ لَهُمْ عُقْبَى الدَّارِ

“(yaitu) orang-orang yang memenuhi janji Allah dan tidak merusak perjanjian, dan orang-orang yang menghubungkan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan, dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk. Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik),.” (QS. Ar-Ra’d [13]: 20-22)

Dari ayat di atas, malaikat akan berdoa untuk orang yang memenuhi janji, orang yang menyambung silaturrahim, dan orang yang sabar mengharap ridha Allah SWT. Orang yang menyambung silaturahim akan panjang umur dan mudah rezekinya. Orang yang mengharap ridha Allah semata tentu akan memperoleh hasil yang berbeda dari orang yang mengharap ridha dunia.

Orang yang konsisten dengan perilaku di atas akan mendapat doa malaikat dengan ucapan, “Salamun ‘alaikum bimaa shabartum” Keselamatan atasmu karena kesabaranmu. (QS. Ar-Ra’d [13]: 24)

 

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.