CIRI ORANG MENDAPAT KENIKMATAN ABADI

CIRI ORANG MENDAPAT KENIKMATAN ABADI

CIRI ORANG MENDAPAT KENIKMATAN ABADI

Oleh: KH. Dr. Ali Nurdin, MA

 

Penghuni Surga  adalah orang-orang yang meraih kemenangan. Jadi yang disebut orang yang meraih kemenangan itu adalah orang-orang yang meraih Surga yaitu kenikmatan yang abadi di akhirat kelak. Siapakah yang meraih kenikmatan abadi itu? Dalam surat asy-Syura ayat 36 disebutkan ciri-ciri orang-orang yang meraih kenikmatan abadi.

فَمَا أُوتِيتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَمَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَمَا عِنْدَ اللَّهِ خَيْرٌ وَأَبْقَىٰ لِلَّذِينَ آمَنُوا وَعَلَىٰ رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

“Maka sesuatu yang diberikan kepadamu, itu adalah kenikmatan hidup di dunia; dan yang ada pada sisi Allah lebih baik dan lebih kekal bagi orang-orang yang beriman, dan hanya kepada Tuhan mereka, mereka bertawakal.” (QS. Asy-Syura [42]: 36)

Menurut ayat di atas, orang-orang yang bisa meraih kenikmatan abadi adalah orang-orang yang beriman. Iman merupakan tiket ke surga. Karena itu, kalau tidak punya iman meskipun ada kebaikannya tidak bisa ke surga (kecuali Allah menghendakinya). Nilai iman di akhirat nanti lebih mahal ketimbang emas sepenuh bumi. Persoalan duniawi itu sepele tapi kalau sudah urusannya iman itu sangat berat. Wajar jika orang-orang yang beriman dijanjikan oleh Allah SWT berhak meraih kenikmatan abadi di surga.

Baca juga: MEMAHAMI BENCANA ALAM

Yang ke dua, yang disebut dalam ayat tadi yang bisa mendapat kenikmatan abadi ialah orang yang hanya kepada Allah mereka bertawakal. Teks ayat di atas tidak menggunakan redaksi “mereka bertawakal kepada Allah”. Dalam ayat di atas kata “Tuhan” diletakkan di depan karena kalau kalimatnya mereka bertawakal kepada Allah maka mereka juga bertawakal kepada yang lain. Tetapi kalau hanya kepada Allah mereka bertawakal maka tidak akan ada yang lain.

Tawakal itu dari makna kata mewakilkan. Kalau dalam konteks hubungan sesama manusia biasanya mewakilkan itu, yang mewakili posisinya lebih rendah sementara yang di wakili posisinya lebih tinggi. Tapi kalau wakil manusia kepada Tuhan yang lebih tinggi, maka tidak tepat diartikan mewakilkan tapi berserah diri.

Apa yang dimaksud berserah diri dalam arti tawakal? Yaitu berserah diri atas sesuatu yang memang menjadi hak prerogative Allah dan pada aspek kita harus berikhtiar jangan diserahkan kepada Allah.

Contoh, orang sakit sama sekali tidak berobat tetapi dia tawakal, itu sangat keliru. Seharusnya dia berobat sebagai ikhtiar dan berserah diri untuk hasil akhirnya. Itu yang disebut dengan tawakal.

Seseorang yang menjalani hidupnya dengan penuh tawakal maka separuh masalahnya terurai, karena yang disebut hidup itu separuh harus dikerjakan dengan pikiran kita dan separuh lagi dengan hati kita. Allah SWT menjanjikan untuk orang-orang yang bertawakal termasuk meraih kenikmatan yang abadi.

Ciri lainnya dari orang yang mendapat kenikmatan abadi disebutkan dalam ayat selanjutnya:

وَالَّذِينَ يَجْتَنِبُونَ كَبَائِرَ الْإِثْمِ وَالْفَوَاحِشَ وَإِذَا مَا غَضِبُوا هُمْ يَغْفِرُونَ

“Dan (bagi) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan-perbuatan keji, dan apabila mereka marah mereka memberi maaf.” (QS. QS. Asy-Syura [42]: 37)

 

Di antara dosa besar yang harus dijauhi, misalnya, menyekutukan Allah SWT, durhaka kepada Orang Tua, sumpah palsu atau berkata dusta, membunuh, dan berzina. Allah SWT tidak mengatakan bahwa orang-orang yang akan memperoleh kenikmatan adalah orang yang tidak berdosa, tetapi orang yang tidak melakukan dosa besar. Jangankan melakukan, terpikirkan pun tidak. Tapi kalau dosa-dosa yang kecil yang memang mungkin ada karena tidak ada manusia yang bersih dari dosa. Namun, Allah SWT tetap akan mengampuni seluruh dosa bagi orang yang benar-benar bertobat.

Selain itu, orang yang bisa meraih kenikmatan abadi ialah apabila ia dibuat marah oleh orang lain tetapi ia memaafkan orang itu. Kalau dia dibuat marah semestinya dia berhak untuk marah tapi dia tidak marah dan malah memaafkan orang yang menyakitinya. Orang seperti ini yang berhak mendapatkan pahala dan kenikmatan yang kekal.

Komentar ditutup, tapi trackbacks dan pingback terbuka.